PostHeaderIcon Myoung Ga Traditional Korean Restaurant

Pertama kalinya makan masakan Korea, xixi.. #katrok mode :)

Tulisan ini bukan berupa preview foto dari makanan Korea, tetapi lebih ke penjelasan cara penyajian & makan di restaurant Korea, terutama yang masih tradisional seperti di Myoung Ga Traditional Korean Restaurant ini. Selain sharing ke teman-teman Liburan Murah, juga mengingatkan saya supaya tidak lupa kalau lain kali balik lagi ke sini, karena baru pertama kali ini coba makanan Korea & rasanya agak kagok, mesti tanya2 dulu sama waitress, hehe..

STEP #1

Pertama kali kita datang, waitress akan mempersilahkan kita memilih tempat duduk. Ada 2 pilihan tempat, bisa lesehan maupun duduk di kursi.

STEP #2

Memilih menu makanan. Secara garis besar ada 2 pilihan menu, yaitu:

  • Menu Masak sendiri / bakar-bakaran (BBQ). Ada banyak pilihan daging, baik daging sapi, babi, atau seafood BBQ. Untuk BBQ ini kita bisa request untuk dimasakkan langsung dari Myoung Ga, tinggal kita memilih jenis daging apa, atau mau memasak sendiri di meja kita.

Harga rata-rata untuk menu BBQ ini: mulai dari Rp. 100 ribu ke atas. Waktu itu karena lumayan banyak pilihan dan bingung pilih yang mana, kita pilih yang direkomendasikan, yaitu dengan harga 130 ribu. Porsi tidak terlalu banyak, cuman seporsi piring kecil daging dengan 10 s/d 15 iris daging.

  • Menu Masakan Korea

Untuk menu masakan ada beraneka ragam, mulai dari:

* Bibimbap, seperti paket nasi + lauk dalam 1 hot pot, harga Rp. 60 ribu. Cara makan’nya harus dicampur terlebih dahulu, semua nasi + sayur + daging, diaduk menjadi satu.

* Bulgogi, masakan daging khas Korea, harga Rp. 100 ribu

* Jap Chae, bukan Cap Cai seperti masakan Chinese Food teman2, tapi ternyata berupa Mie dengan Jamur + Daging, porsi cukup besar, bisa untuk 4-5 mangkok (kecil), harga Rp. 85 ribu

* Kimchi + Pork + Tofu, kalau ini porsinya cukup banyak, bisa untuk 5 mangkok penuh, harga Rp. 100 ribu

* Aneka Sup (termasuk nasi 1 mangkok), bisa untuk 5 mangkok (kecil) harga sekitar Rp. 70 ribu’an..

* Dan masih banyak lagi lainnya, cuman nggak mungkin kan, mau dipesan semua, hehe..

  • Minuman. Minuman yang paling murah, bisa pesan Soft Drink seharga cuman Rp. 5 ribu. Tetapi kalau tidak pesan minum juga nggak masalah, karena ada teh dingin (bener nggak ya?) dan air putih yang disediakan gratis, dan selalu di-refill..

STEP #3

Naah, sekarang kita mulai masuk ke prosesi paling penting, yaitu makaaaannnn… :)

Sebelum masakan utama dihidangkan, ternyata banyak sekali compliment berupa snack / kudapan khas Korea, yang mungkin (menurut saya yaah) mirip-mirip seperti acar, kacang, dll, persis seperti di restaurant Chinese Food, cuman camilan yang disajikan tipe’nya berbeda & jauuh lebih banyak. Ada total mungkin 7-8 camilan yang bisa dinikmati bersama.

Setelah itu masakan utama muncul. Masakan yang sudah matang, cara makannya biasa saja, langsung bisa dimakan. Sedangkan untuk daging BBQ, cara makannya bisa dimakan dengan saos teriyaki, atau bisa juga dengan bawang putih (kalo nggak salah) dicampur dengan sambal bumbu tauco (mirip2 tauco, sekali lagi maaf kalo salah…). Sayuran mentah untuk daging BBQ ini disajikan terpisah, dan bisa dimakan bersamaan setelah daging dicampur dengan bumbu-bumbu tersebut…

SELAMAT MAKAN…!!

Terakhir setelah kita makan, pada waktu saya meminta bon, ternyata masih ada desert buah-buah’an dan juga kue coklat. Lumayaaan, menambah isi perut yang sebenarnya sudah kekenyangan ini, hehehe..

6 Responses to “Myoung Ga Traditional Korean Restaurant”

Leave a Reply

WISATA KULINER
Tentang FOOD REVIEW, cerita, dan perjalanan wisata kuliner di seluruh Indonesia, bahkan di negara lain yang telah dikunjungi oleh penulis...

Butuh bantuan untuk REVIEW? Email kita di: anloanita@gmail.com andykristono@yahoo.com