PostHeaderIcon sssttt….. rahasia ke-tokcer-an arek-arek Suroboyo

Akhir-akhir ini berbagai media sibuk menyoroti tentang keberingasan bonek.

Bonek yang ugal-ugalan….

Bonek yang selalu fit semangat mendukung Persebaya-nya…..

Bonek yang kuat stamina-nya, walaupun kehujanan dan kepanasan…..

Kok bisa ya?

Kok mereka se-fit dan se-kuat itu?

Kenapa ya?

Ternyata….setelah merenung-renung cukup lama, saya menemukan sarapan sehat arek-arek Suroboyo, yang ada dimana-mana. Dari warung kaki lima sampai restaurant bintang lima, makanan ini selalu dihidangkan sebagai ciri khas Suroboyo, dan tidak ada di kota lain (banggane rek jadi arek Suroboyo)…..

Arek Suroboyo yang merantau ke Jawa Tengah….. Papua……Jepang…..bahkan Swiss sekalipun, bila pulang Surabaya selalu mencari-cari sarapan satu ini, yang notabene sangat bergizi dan sangat khas Surabaya.

Menurut Kapanlagi.com, taoge atau yang lebih dikenal di Surabaya sebagai cambah adalah sayuran kecil dengan manfaat yang sangat besar.

Diantaranya adalah :

Mencegah Kanker

Proses menjadi taoge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, taoge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda taoge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meinggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan taoge. Hal ini disebabkan, saponin dalam taoge akan mengahancurkan lemak jahat LDL tanpa megganggu kandungan lemak yang baik HDL. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam taoge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum kadar saponinnya naik 450 persen.

Mencegah Osteoporosis

Estrogen alami yang terdapat dalam taoge dapat berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping. Sehingga estrogen dalam taoge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.

Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saponin taoge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, taoge kaya akan zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.

Manfaat Lainnya

Karena bersifat alkali (basa), maka taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. Taoge juga baik untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan juga melangsikan tubuh. Karena mengandung Vitamin E, taoge juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Bagi wanita yang rajin makan taoge, akan membantu terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi, pramenopause dan gangguan akibat menopause.

Waduh……waduh…..banyak banget manfaatnya ya, maka dari itu bersyukurlah arek-arek Suroboyo yang selalu sarapan dengan “LONTONG BALAP”, karena taogenya buanyakkkk…….hehehe :p

Lontong Balap adalah makanan khas Surabaya, yang gampang ditemui dimana-mana…..terdiri dari lontong, tahu, lento(susah nih menjelaskan tentang lento, yang kepengen tahu lento,mending ke Surabaya aja makan lento, hehehe….), dan tentunya buanyakkkkkkkk taoge atau cambah itu tadi.

Dimakannya dengan sambel petis, sate kerang, dan es degan (kelapa muda)…..wah, uenak tenan!

Salah satu langganan Lontong Balap yang menurut saya enak, adalah Lontong Balap Joni (di tikungan Petemon Barat dan Pasar Asem). Memang dari segi tempat mungkin kurang representatif, karena di kaki lima…..tapi rasanya…..nyam…nyam….nyam…..taogenya seger, masih kraus-kraus…..lentonya juga pas banget, gak terlalu keras, gak terlalu lembek.

Nah, berkat khasiat taoge dari si Lontong Balap ini…arek-arek Surabaya dan bonek-boneknya sehat selalu.

Jadi sudahkah anda sarapan Lontong Balap hari ini? hehehe…… 😀

2 Responses to “sssttt….. rahasia ke-tokcer-an arek-arek Suroboyo”

WISATA KULINER
Tentang FOOD REVIEW, cerita, dan perjalanan wisata kuliner di seluruh Indonesia, bahkan di negara lain yang telah dikunjungi oleh penulis...

Butuh bantuan untuk REVIEW? Email kita di: anloanita@gmail.com andykristono@yahoo.com