PostHeaderIcon Kisah Legenda Kuliner Nusantara

* Kisah Legenda Kuliner Nusantara *

Alkisah pada jaman dahulu, ada beberapa Raja dari seluruh Nusantara, yang ingin menguasai bumi nusantara yang indah ini. Setelah berperang beberapa lamanya dan tidak ada yang memenangkan peperangan tersebut, maka muncullah ide dari Adipati salah satu kerajaan.

Begini ceritanya:

Yang Mulia, daripada kita berperang terus, bagaimana kalau kita mengadakan kontes makanan khas tradisional warisan leluhur? Kita kumpulkan semua makanan terenak dari masing-masing kerajaan, dan kita adu dalam Tantangan Makanan Ter’enak…!! Siapa yang makanan’nya paling enak, akan mendapatkan wilayah kekuasaan Raya yang lain..

Setelah Raja tersebut setuju, dikirimkanlah surat tantangan kepada Raja-Raja yang lain.

Membaca surat tantangan tersebut, semua Raja di seluruh Nusantara langsung mengikuti Tantangan Makanan Ter’enak itu. Maka dikirimkanlah berbagai jenis masakan yang enaak, hmmm, yummy….

* Soto Tangkar dari kerajaan Betawi

* Brongkos Daging dari kerajaan Jogjakarta

* Tengkleng kerajaan Solo

* Kupat Tahu Gempol dari kerajaan Bandung (memang ada yaa..? Hehehe..)

* Rujak Cingur dari kerajaan Majapahit (Surabaya, kota tercinta saya,..)

* dan juga semua makanan enak & lezat khas tradisional warisan leluhur dari berbagai kerajaan lainnya..

Setelah masing-masing mengadu kehebatan masakan dari daerah’nya masing-masing, ternyata semua makanan itu sama-sama ENAK! Dan karena semua Raja yang hadir saling menyukai masakan dari kerajaan lain’nya, maka terjadilah penyatuan kerajaan dari seluruh Nusantara ini.

That’s it, what a Happy Ending..! :)

Peristiwa tersebut tetap diperingati sampai dengan sekarang, dalam bentuk “FESTIVAL JAJANAN BANGO“. Jadi bagi teman-teman Kuliner LIBURAN MURAH yang belum pernah pergi ke Festival Jajanan Bango, bisa mampir untuk mencoba masakan terenak dari seluruh Nusantara…!!

*Cerita di atas hanyalah fiksi belaka, hanya khayalan penulis tentang Kisah Legenda Kuliner Nusantara. Nama yang tercantum juga bukan nama yang sebenar’nya, hehehe..*

Apa itu “Festival Jajanan Bango” ?

Setelah mengkhayal ria di atas, berikut coba saya perjelas tentang Festival Jajanan Bango 2011 (disingkat menjadi FJB 2011), mungkin bagi teman-teman yang baru mendengar dan belum pernah pergi ke Festival Jajanan Bango di tahun-tahun sebelumnya.

FJB 2011 ini yaitu merupakan Festival Jajanan yang menyajikan makanan khas tradisional Nusantara, yang diadakan rutin setiap tahunnya oleh kecap Bango di berbagai kota di seluruh Indonesia. Naah, kebetulan tahun ini temanya yaitu “Legenda Kuliner Nusantara“, jadi makanan yang disajikan dalam FJB 2011 ini merupakan makanan yang legendaris, yang sudah bertahun-tahun turun-temurun ada di Indonesia, dan menjadi makanan warisan leluhur. Dan dalam posting tulisan Liburan Murah sebelumnya tentang Liburan ke Luar Negeri, makanan khas tradisional di Indonesia ini tidak kalah lhoo dengan makanan di luar negeri, bahkan jauuuh lebih ENAK…!!

Setiap kali saya pergi berlibur murah keluar negeri, selalu kangen dengan makanan khas Indonesia. Dan hebatnya lagi, di luar negeri makanan kita bisa dijual dengan harga yang sangat mahal lhoo, seperti misalnya restaurant Indonesia di Singapore, Australia, China yang menjual masakan khas Indonesia dengan harga yang, wuuaahh, sangat mahal…! Jadi selama kita masih tinggal di Indonesia, puas-puas’in deeh, makan masakan khas Indonesia yang terkenal lezat ini, hehe.. :)

Kota mana saja yang akan disinggahi oleh FJB 2011 ?

Kota yang dipilih dalam FJB 2011 ini termasuk kota-kota yang melegenda dalam hal “makanan khas nusantara”, seperti halnya Bekasi yang menjadi kota persinggahan pertama. Disusul nantinya dengan kota Depok, Sidoarjo, Kediri dan Malang.

Makanan khas Legenda Kuliner Nusantara dalam FJB 2011

Makanan yang akan dihadirkan dalam FJB 2011 ini juga tidak kalah melegenda. Nama-namanya mirip dengan kisah khayalan saya di atas :) , yaitu :

* Soto Tangkar Betawi H. Ahmad Muchtar

* Brongkos Daging Ibu Suprih Jogjakarta

* Tengkleng Solo Ibu Edy

* Kupat Tahu Gempol Yang Jempol Bandung

* Mi Godhog Bhumen Jaya II (di FJB 2011 Bekasi)

* Nasi Ulam Misjaya (di FJB 2011 Bekasi)

* Gabus Pucung RM. Ibu Wati (di FJB 2011 Bekasi)

* Rujak Juhi Petojo (di FJB 2011 Bekasi)

* Gule Goreng Pak Saman (di FJB 2011 Bekasi)

* Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini, Surabaya (di FJB 2011 Bekasi)

* dan masih banyak lagi legenda khas kuliner nusantara lainnya..

Hmmm, semuanya enak-enak, nyam-nyam….. Jadi laper habis posting tulisan ini, hehehe.. :)

Kapan tepatnya FJB 2011 ini akan diadakan ?

Naah, setelah nafsu makan mulai timbul melihat daftar makanan enak di atas, sekarang mulai bertanya-tanya, kapan tepatnya FJB ini akan diadakan? Roadshow FJB 2011 ini akan dimulai dari kota Bekasi, yang sudah diadakan pada bulan April lalu, tepatnya yaitu pada hari Sabtu, tanggal 23 April 2011. Acaranya seru, informasi acara dapat dilihat salah satunya di DETIKFOOD.

Untuk FJB 2011 di kota berikut’nya, yaitu di kota Sidoarjo, masih belum terlambat. Teman-teman, khususnya di provinsi Jawa Timur, dapat mengikuti FJB di kota Sidoarjo yang akan diadakan pada hari Sabtu, 14 Mei 2011, di parkiran GOR Sidoarjo, Jl. Pahlawan Sidoarjo. Acara akan berlangsung mulai pukul 11.00 pagi sampai dengan 22.00 malam. Sedangkan informasi untuk jadwal FJB 2011 di kota berikut’nya, dapat dilihat di Facebook Page FESTIVAL JAJANAN BANGO.

Jangan lupa untuk membawa bungkus kosong kecap Bango ukuran 85ml, kita bisa menikmati makanan dengan harga serba Rp. 10.000,- ! Selain makanan, kita juga dapat melihat berbagai kesenian rakyat dan hiburan lainnya.

Jadi jangan lupa, disempatkan untuk datang yaa, di FESTIVAL JAJANAN BANGO 2011 yang terdekat dengan kota anda…!! :)


Leave a Reply

WISATA KULINER
Tentang FOOD REVIEW, cerita, dan perjalanan wisata kuliner di seluruh Indonesia, bahkan di negara lain yang telah dikunjungi oleh penulis...

Butuh bantuan untuk REVIEW? Email kita di: anloanita@gmail.com andykristono@yahoo.com